Sabtu, 31 Desember 2011

WIMAX

Postingan kali ini saya akan sedikit membahas masalah Wimax. Sebenarnya apa itu teknologi Wimax? Mari kita pelajari bersama.

WiMax merupakan singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. WiMax merupkan sebuah standar yang dibuat oleh organisasi niralaba yang merupakan kumpulan beberapa perusahaan pembuat piranti telekomunikasi, berdasar pada standar Nirkabel IEEE 802.16, yaitu standar MAN (Metropolitan Area Network) dan HiperMAN dari ETSI (European Telecomunication Standard Institute). Adapun perusahaan pembuat perangkat WiMax antara lain Motorola, InfiNet Wireless, Aperto, EION, Axxcelera, Xirka.
WiMax merupakan evolusi dari pendahulunya yaitu Wifi, namun dikemas lebih menarik dan memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap. WiMax bekerja pada frekuensi 2GHz sampai 11GHz. Jadi nantinya WiMax tidak lagi merupakan piranti nirkabel yang dapat digunakan tanpa meminta izin pengguna frekuensi, karena tidak lagi bekerja pada frekuensi ISM 2,4 GHz atau UNII 5GHz.
WiMax nampaknya mirip dengan Wifi, namun dalam implementasinya WiMax dan Wifi sangat berbeda. Pada Wifi, dari segi OSI Layer, dimana standar Media Access Control (MAC) menggunakan metode akses kompetisi, yaitu beberapa terminal secara bersamaan memperebutkan akses, sedangkan pada WiMax menggunakan metode akses yang berbasis olgoritma penjadwalan. Maka jika seyelah sebuah terminal mendapat garansi untuk memperoleh sejumlah sumber daya (timeslot), maka jaringan nirkabal akan terus memberikan sumber daya ini selama masih dibutuhkan terminal. Sedangkan pada metode kompetisi milik Wifi, maka layanan VoIP tergantung pada kualitas layanan yang stabil menjadi kurang baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar