Selasa, 06 Desember 2011

Perbedaan Windows 3.X, Windows 95, Windows ME, dan Windows XP

Postingan kali ini, saya akan mencoba membahas sekaligus sebagai tugas mata kuliah PTI tentang macam-macam sistem operasi besutan Microsoft Corp yaitu Windows 3.X, Windows 95, Windows ME, dan Windows XP. Berikut ulasannya. Cekidot......
  • Windows 3.X
Windows 3.X atau disebut juga Windows 3.0 merupakan versi ketiga dari sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) yang diproduksi oleh Microsoft Corp. OS ini diperkenalkan pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kelebihan dari Windows sebelumnya yaitu Windows 2.0 diantaranya seperti mendukung grafis VGA, bahkan mencapai SVGA atau XVGA. slain itu memiliki icon yang lebih kaya dibandingkan dengan pendahulunya tersebut. GUI yang digunakan juga lebih terlihat "manis".
Windows 3.X dapat menjalankan banyak MS-DOS Promp & aplikasi secara multitasking. hal ini dikarenakan dalam Wondows 3.X lingkungan DOS Virtual Machine nya sedikit dirombak oleh Microsoft. Pada eranya, Windows 3.0 memang cukup sukses dipasaran, namun pihak Microsoft kemudian meluncurkan versi terbaru yaitu Windows 3.1, pada tanggal 6 April 1992 yang ternyata jauh lebih sukses dari pemdahulunya itu. Bahkan OS ini disebut sebagai Best Selling GUI dalam sejarah.
  • Windows 95
Merupakan sistem operasi hibrida 16-bit / 32-bit yang diluncurkan Microsoft pada tanggal 14 Agustus 1995. Dalam Windows 95 diperkenalkan Windows Explorer sebagai pengganti file manager, dukungan plug & play, dan program aplikasi MS-DOS. OS ini ternyata memiliki kelebihan yaitu mendukung file yang panjang, penamaan karakter hingga 256 karakter, serta browser opsional Microsoft Internet Explorer.
Windows 95 memiliki antarmuka (interface) yang berbeda dengan Windows 3.X yaitu:
  1. dekstop yang dapat dikonfigurasikan
  2. adanya taksbar
  3. tombol start
  4. dan menu konteks
  • Windows ME
Windows ME atau bisa disebut Windows Millennium Edition merupakan sebuah versi windows yang diluncurkan pada tanggal 14 September 2000 yang didesain khusus untuk pengguna rumahan dan ditujukan untuk menggantikan pasar os sebelumnya, yaitu Windows 98. Karena peluncurannya yang terjadi pada era millennium (tahun 2000) inilah mengapa sistem operasi lirisa Microsoft ini dinamakan Windows Millennium.Windows ini ternyata dapat berjalan tanpa bantuan MS-DOS, dan seperti versi sebelumnya, os ini berjalan pada transisi 16-bit ke 32-bit.Oleh karena itulah semua program dengan rentan 16-bit sampai 32-bit dapat dijalankan dengan baik oleh Windows ME.
  • Windows XP
Windows XP adalah jajaran sistem operasi milik Micfosoft berikutnya yang juga berbasis grafis. OS ini diproduksi untuk komputer pribadi yang mencangkup komputer rumah, dekstop bisnis, laptop, dan pusat media (media center). Nama "XP" dari windows ini merupakan kependekan dari "Experience". Sistem operasi ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 25 Oktober 2001. Windows XP terbilang sangat laris, hal ini terbukti dari hasil perhitungan seorang analisis IDC yang menyebutkan bahwa dari sejak awal peluncuran sampai Januari 2006 sudah ada lebih dari 400 juta salinan instalasi dari Windows XP ini.
Windows XP muncul dalam berbagai jenis:
  1. Windows XP Professional
  2. Windows XP Home Edition
  3. Windows XP Media Center Edition
  4. Windows XP Tablet PC Edition
  5. Windows XP Starter Edition
  6. Windows XP Professional X64 Edition
  7. Windows XP Professional 64 bit Edition for Itanium 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar