Rabu, 07 Desember 2011

Perbedaan antara SunOS, Linux, Mac OS, dan FreeBSD


  • SunOS
Adalah sebuah versi Unix yang digunakan dalam workstation-workstation Sun Microsystem yang dirilis pada tahun 1982. Setelah merilis SunOS versi 4, Sun Microsystems mengubah kode UNIX BSD yang sebelumnya mereka gunakan dengan kode UNIX System V, setelah mendapatkan lisensi dari pemegang lisensi UNIX waktu itu, AT&T. Perubahan ini menjadikan namanya berubah menjadi Solaris versi 2, dari yang seharusnya SunOS 5. Sehingga, secara tidak langsung, SunOS pun dianggap sebagai Solaris versi 1.x. Sistem operasi ini bekerja pada high end hardware sehingga dapat mendukung puluhan processor, Gb RAM, dan hard disk.Perintah dan aplikasinya hampir sama dengan UNIX dan LINUX, namun file konfigurasi dan penulisan perintahnya  sedikit berbeda sehingga membutuhkan pembiasaan.Selain itu aplikasi bawaanya lebih sedikit di banding Linux dan Unix,sehingga terkesan jadul.
  • Linux
Linux merupakan sebuah program open source gratis yang memiliki lisensi dari GNU, yang merupakan turunan dari Unix. Sistem operasi ini berjalan pada 32-64 bit dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform hardware seperti Intel X86, hingga prosessor RISC. Sebagai salah satu program open source gratis, di Linux kita bisa memperoleh program yang lengkap dengan kode sumbernya. bahkan kita juga bisa mengkopi atau bahkan mengubah dari kode itu sendiri. Linux juga menyediakan bahasa pemrograman gratis seperti ADA, BASIC, Expert, PASCAL,Phyton, Shirp Shell, dan TCL.
  • Mac OS
Singkatan dari Machintosh Operating System, yang merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple. OS ini hanya kompatibel dengan komputer Machintosh dan tidak bisa di terapkan pada PC berbasis IBM. Mac OS diperkenalkan pada tahun 1984, dan sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibelitas dengan Power PC (Microsoft) maupun X86 (Intel). Yang menarik dari Mac OS adalah keindahan dekstop yang dimilikinya sehingga menjadikan panutan bagi pengembang dekstop lainnya.
Kelebihan Mac OS :
  1. Tidak mudah terkena virus
  2. High performance
  3. User friendly
  4. Tampilan dekstop yang cantik
Kekurangan Mac OS :
  1. Mac OS tidak bisa dirakit sendiri
  2. Software pendukungnya tidak lengkap
  3. Biayanya mahal
  4. Hanya berguna untuk graphic designer
  • FreeBSD
FreeBSD merupakan sebuah sistem operasi bertipe Unix yang berlisensi bebas yang diturunkan dari Unix AT&T lewat cabang Berkeley Software Distibution (BSD), yaitu sistem operasi 386 BSD dan 4.4 BSD. Pada tahun 1993 lahir dua proyek baru yaitu Net BSD dan Free BSD. Net BSD dikenal dapat dijalankan pada banyak arsitektur, sedangkan Free BSD hanya mendukung platform X86, AMD 64, IA 64, Sparc 64, dan Alpha. FreeBSD dikenal karena stabilitasnya, performa, dan keamanannya sehingga banyak digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar