Rabu, 01 Februari 2012

APLIKASI INTERNET


  • WWW (World Wide Web) atau website
WWW atau website atau situs adalah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lainnya yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi umum dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Mark-up Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis, suara, dan objek multimedia lainnya. 
  • E-mail (Electronic Mail)
E-mail merupakan surat elektronik yang dikirim melalui internet. E-mail adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Untuk dapat menggunakan fasilitas e-mail, terlebih dahulu harus memiliki akun dengan cara mendaftar untuk mendapatkan alamat e-mail di salah satu penyedia jasa e-mail. Beberapa situs penyedia jasa e-mail antara lain : www.yahoo.com,www.plasa.com, www.hotmail.com, dan lain-lain.
  • FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah fasilitas internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (download) di suatu server yang terhubung ke internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga bisa diakses oleh orang lain.
  • Search Engine (Mesin Pencari)
Untuk memudahkan penelusuran halaman web, terutama untuk menemukan halaman yang memuat topik-topik yang spesifik, maka para pengakses web dapat menggunakan suatu search engine (mesin pencari). Penelusuran berdasarkan search engine dilakukan berdasarkan kata kunci (keyword) yang kemudian akan dicocokan dengandatabase (basisdata) miliknya. Fasilitas search engine yang digunakan antara lain adalah Google (www.google.com) dan Yahoo (www.yahoo.com), altavista (www.altavista.com), dan lain-lain
  • Chatting
Chatting merupakan fasilitas yang memungkinkan dua orang atau lebih melakukan komunikasi langsung melalui tulisan menggunakan program aplikasi. Program yang banyak digunakan misalnya Yahoo Messenger, IRC, dan Google Messenger. Melalui program chat, pengguna internet dapat berkomunikasi secara masing-masing atau secara massa yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh dunia hanya dalam waktu beberapa detik saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar